Pada hari Jumat, 12 Agustus 2022 PPHBI telah menyelenggarakan webinar dengan tema yang sangat menarik yaitu “Legal Aspect of Site Acquisition in Business Practice” yang disampaikan oleh Ibu Anastasia Nathania Harjono, S.H., M.H., M.Kn sebagai narasumber.

Mengawali dengan pertanyaan “Why Important?” Narasumber menjelaskan bahwa Site Acquisition tidak hanya melulu soal tanah dan bangunan. Ketika dikaitkan dengan praktik bisnis, maka akuisisi lahan bisa beragam. Kepentingan akan semakin banyak yang dilibatkan, dan pada akhirnya kesepakatan tidak menjadi sesederhana yang kita pikirkan.

Site Acquisition dapat ditemukan dalam berbagai aspek seperti : Food & Beverage, entertainment & media, property, finance, service. Yang pada setiap aspek memiliki unsur-unsur penting.

Tujuan daripada Site Acquisition antara lain yaitu :

  1. Meningkatkan kapabilitas
  • Perusahaan/bisnis sudah ada.
  • Kegiatan sudah sustain.
  • Punya generasi aim yang besar sekali yang tidak bisa ia lakukan tanpa kolaborasi.
  • Ada keterbatasan.
  1. Standarisasi/ Auto Pilot
  • Struktur organisasi belum rapi.
  • Owner/stakeholder tidak bisa disiplin.
  • Ada batasan tanggung jawab yang diharapkan.
  • Keinginan untuk go macro.
  1. Kerja sama pada umumnya
  • Kebutuhan utama perusahaan : harus kolaborasi (karena perusahaan tidak hulu ke hilir).
  • Bentuk dari derifikasi produk.

Adapun objek dari Site Acquisition terdiri dari :

  1. Bangunan Gedung/ Rumah
  2. Lahan/Tanah Kosong
  3. Izin dari Pemerintah

Kemudian narasumber menjelaskan mengenai subjek dari Site Acquisition yang terdiri dari Orang Perorangan, Perusahaan, dan Petugas Pemerintahan. Dijelaskan pula pada setiap subjek mengenai unsur-unsur yang harus diperhatikan, misalnya pada orang-perorangan apakah jual beli memerlukan izin dari pasangan?, apakah ada pemisahan harta?. Kemudian pada perusahaan yang memerlukan beberapa langkah penting seperti memastikan anggaran dasar dan jangan mudah terikat dengan SOP perusahaan.

Pada bagian Daftar Transaksi dijelaskan mengenai Pembagian Keuntungan, Sewa Tetap, Membeli atau Menjual, dan KSO serta unsur-unsurnya seperti informasi umum, manfaat, kendala, dan hal-hal yang menjadi catatan.

Dalam pembagian keuntungan terdapat beberapa hal penting yaitu :

  1. Komponen cost, ToP & Skema pembagian profit
  2. Jangka waktu kerja sama & Eksklusivitas
  3. Pembagian prestasi

Webinar pun berlanjut dengan sangat menarik karena narasumber memberikan penjelasan yang komprehensif disertai contoh-contoh nyata berdasarkan pengalaman narasumber. Di akhir webinar peserta bertanya terkait materi kali ini dan terjadi diskusi antara narasumber dan peserta.