Loading Events
This event has passed.

Semakin melesatnya perekonomian Indonesia, berarti semakin melesat pula alternatif pembayaran yang dimungkinkan dalam praktik bisnis di Indonesia. Tidak perlu kaget apabila mendapati adaptasi skema pembiayaan dari negara-negara dengan sistem hukum Common Law yang sekarang diimplementasikan di Indonesia menghadapi sejumlah kepelikan dan permasalahan. Dari sifatnya saja yang merupakan adaptasi dari sistem hukum lain sudah jelas mengundang banyak konflik. Ditambah lagi dengan keadaan bahwa kita relatif baru mulai mengimplementasikannya dibandingkan dengan skema pembiayaan aslinya dari negara Common Law yang berarti sudah terlebih dahulu menggunakannya dan mengakali segala permasalahannya.

Hukum di Indonesia terkait Hukum Jaminan juga masih mengacu pada peraturan perundang-undangan yang lama. Walaupun perkembangan ekonomi Indonesia semakin melesat dan bermetamorfosis mengikuti tuntutan sebagai Masyarakat Ekonomi ASEAN, sayangnya dasar hukum yang berlaku terkait jaminan masih tunduh pada basis hukum yang sudah satu abad lamanya. Memang sudah terdapat sejumlah basis hukum yang lebih baru seperti Undang-Undang No. 42 Tahun 1999 tentang Fidusia, namun pada akhirnya tetap selalu berakhir pada konsepsi KUHPerdata.

Banyak yang bisa dipelajari dan didalami dari Hukum Jaminan. Tidak hanya mengenali jenis-jenisnya dan karakteristik masing-masing jenis tersebut, tapi juga perlu untuk apa saja masalah yang dapat timbul dari penggunaan jaminan di Indonesia, dan cara apa saja yang dapat ditempuh untuk menanggulangi masalah-masalah tersebut.

Oleh sebab itu, Pusat Pengembangan Hukum dan Bisnis Indonesia (PPHBI) menyelenggarakan Legal Short Course dengan tema “Praktik Penyelesaian Sengketa Hukum Jaminan di Indonesia”  yang akan dilaksanakan pada hari Jumat, 23 Agustus 2019 pukul 09:00 – 17:15 WIB, di Ashley Hotel Jakarta Jl. KH. Wahid Hasyim 73-75 Menteng, Jakarta 10350 yang mana pemaparannya akan dipaparkan oleh :

Materi dan Pembicara 

Sesi Materi

Pembicara

PERTAMA

Dasar-dasar hukum Jaminan di Indonesia (Konstruksi perjanjian kredit, serta urgensi peletakkan jaminan pada transaksi bisnis di Indonesia), pengenalan berbagai perjanjian kredit dan pengenalan berbagai jenis jaminan di Indonesia

 

Fidusia dan Gadai dalam konstruksi hukum di Indonesia (seluk beluk dan permasalahan)

Enny Koeswarni, SH, M.Kn

KEDUA

Hak Tanggungan, seluk beluk dan permasalahannya di Indonesia

Dr. FX. Arsin Lukman, SH

KETIGA

Eksekusi jaminan, permasalahan dan penyelesaian sengketa di Pengadilan Negeri

Aris Swantoro, SH, M.KN

Nilai investasi bagi tiap peserta yang hadir sebesar :
Rp 2.800.000,- untuk umum
Rp 2.550.000,- untuk Advokat (dibuktikan dengan Kartu Tanda Advokat)
Rp 2.300.000,- untuk Akademisi (dibuktikan dengan Kartu Tanda Akademisi)

Dapatkan harga Early Bird (bayar dan daftar sampai 16 Agustus 2019) :

  • DISCOUNT 20% – pembelian satuan (voucher tidak berlaku)
  • BUY 2 GET 3 – pembelian berlaku untuk 3 orang (voucher tidak berlaku)

Para peserta mendapatkan : sertifikat, seminar kit, modul dalam bentuk soft copy dan hard copy, coffee break, dan lunch.

Pendaftaran dan pembayaran paling lambat JUMAT TANGGAL 16 AGUSTUS 2019,

dibayarkan melalui :

  • Bank UOB, Cabang Mangga Dua, No. Rekening: 412 300 5087; Atas Nama: PT PPHBI Indonesia.
  • Bank BCA, Cabang Sentral Cikini No. Rekening: 878 020 2298; Atas Nama: PT PPHBI Indonesia.

Note :

  • Mohon untuk dapat memasukan nama peserta/instansi pada berita pembayaram course.
  • Nama pembicara dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu. Peserta akan mendapatkan informasi apabila terjadi perubahan Nama.