Loading Events
This event has passed.

Salah satu strategi yang sering digunakan oleh perusahaan untuk berkembang dan meningkatkan kapabilitas serta daya saingnya adalah dengan melakukan Merger, Akuisisi, maupun Konsolidasi. Hal-hal tersebut adalah tindakan yang dilakukan suatu perusahaan yang melibatkan perusahaan lain. Seperti dalam Merger, perusahaan menggabungkan diri dengan perusahaan lain sehingga mereka membentuk suatu perusahaan baru. Kemudian dalam Akuisisi, perusahaan membeli saham perusahaan lain dalam persentase yang cukup untuk menjadi pengendali di perusahaan tersebut.

Baik Merger, Akuisisi, maupun Konsolidasi, dalam melakukan itu perusahaan harus mengetahui perusahaan pihak lain dalam kegiatan itu. Misalnya dalam Merger, perusahaan harus mengetahui betul seperti apa perusahaan yang akan menggabungkan diri bersamanya itu. Atau dalam Akuisisi,  perusahaan harus terlebih dahulu mengetahui seperti apa perusahaan yang sahamnya akan dibeli itu. Hal ini perlu dilakukan agar perusahaan dapat mencapai tujuannya melakukan Merger atau Akuisisi itu dan tidak justru merugi. Legal Audit dapat meminimalisir resiko hukum.

Agar perusahaan yakin dengan perusahaan lain yang terlibat itu, perusahaan dapat melakukan Legal Audit. Legal Audit adalah suatu pemeriksaan atau penilaian atas permasalahan-permasalahan hukum terkait suatu perusahaan. Dalam kegiatan Legal Audit, dilakukan pemeriksaan atas berbagai dokumen perusahaan seperti Anggaran Dasar, perjanjian yang dibuat dengan pihak ketiga, serta dokumen perizinan perusahaan. Pengetahuan tentang Legal Audit serta kemampuan untuk melaksanakannya penting untuk dimiliki mengingat Legal Audit tidak hanya dibutuhkan dalam hal Merger, Akuisisi, dan Konsolidasi, tapi juga untuk perusahaan yang akan melakukan IPO, transaksi kredit sindikasi, dan transaksi lainnya.

Oleh sebab itu, Pusat Pengembangan Hukum dan Bisnis Indonesia (PPHBI) menyelenggarakan Legal Short Course dengan tema “Legal Audit Untuk Kepentingan Merger, Akuisisi, dan Konsolidasi”  yang akan dilaksanakan pada hari Jumat, 16 Agustus 2019 pukul 09:00 – 17:15 WIB, di Ashley Hotel Jakarta Jl. KH. Wahid Hasyim 73-75 Menteng, Jakarta 10350 yang mana pemaparannya akan dipaparkan oleh :

Materi dan Pembicara 

Sesi

Materi

Pembicara

PERTAMA

‘Pengalihan Hak atas Saham:
-Hubungannya dengan RUPS
-Hal-hal yang harus diperhatikan dalam rangka MKA dan go public/go private

Permasalahan-permasalahan yang sering dan dapat timbul dalam RUPS akibat AD/ART Perusahaan

Eva Djauhari, SH, LL.M

KEDUA

Kuasa saham (dasar hukum kuasa saham dan praktiknya, seperti kuasa mutlak, jenis-jenis kuasa saham), serta kaitannya dalam transaksi pengalihan hak atas saham

KETIGA

‘Pengantar Legal Due Diligence:
-Pemahaman dan objek
-Perencanaan (menentukan ruang lingkup dan resiko tugas, perhitungan waktu dan biaya, penyusunan tim, serta analisa dan manajemen)
-Tahapan awal (persiapan, menggali masalah, mencari data, informasi yang menyesatkan)
-Permasalahan umum dalam LDD

Yohanes Aples, SH, LL.M MbiAm

KEEMPAT

‘Due Diligence dalam Sudut Pandang Hukum:
-Hal-hal umum yang harus diperhatikan dalam LDD (Akta Perusahaan, Kontrak Pihak Ketiga, Perjanjian Kerja, etc.)
-Kepemilikan dan Struktur Perusahaan
-Manajemen Perusahaan
-Produk dan Jasa Perusahaan
-Hutang dan Aset Perusahaan
Laporan dan Saran
(Studi kasus sederhana dan contoh bentuk laporan dan saran)
David Kairupan, SH, LL.M

Nilai investasi bagi tiap peserta yang hadir sebesar :
Rp 2.800.000,- untuk umum
Rp 2.550.000,- untuk Advokat (dibuktikan dengan Kartu Tanda Advokat)
Rp 2.300.000,- untuk Akademisi (dibuktikan dengan Kartu Tanda Akademisi)

Dapatkan harga Early Bird (bayar dan daftar sampai 9 Agustus 2019) :

  • DISCOUNT 20% – pembelian satuan (voucher tidak berlaku)
  • BUY 2 GET 3 – pembelian berlaku untuk 3 orang (voucher tidak berlaku)

Para peserta mendapatkan : sertifikat, seminar kit, modul dalam bentuk soft copy dan hard copy, coffee break, dan lunch.

Pendaftaran dan pembayaran paling lambat JUMAT TANGGAL 9 AGUSTUS 2019,

dibayarkan melalui :

  • Bank UOB, Cabang Mangga Dua, No. Rekening: 412 300 5087; Atas Nama: PT PPHBI Indonesia.
  • Bank BCA, Cabang Sentral Cikini No. Rekening: 878 020 2298; Atas Nama: PT PPHBI Indonesia.

Note :

  • Mohon untuk dapat memasukan nama peserta/instansi pada berita pembayaram course.
  • Nama pembicara dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu. Peserta akan mendapatkan informasi apabila terjadi perubahan Nama.